Thursday, September 20, 2018

Manfaat Ketumbar Bagi Kesehatan Tubuh


Manfaat Ketumbar Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat ketumbar pada umumnya adalah sebagai bumbu dapur, namun sebenarnya ada banyak manfaat lainnya bagi kesehatan manusia. Meski demikian, bahan alami ini juga punya potensi negatif. Oleh sebab itu, sebaiknya anda simak Manfaat Ketumbar Bagi Kesehatan Tubuh.
Ketumbar adalah salah satu jenis rempah yang banyak digunakan sebagai penyedap masakan. Tanaman herbal ini termasuk keluarga wortel (Umbelliferae) yang akar, batang, daun, serta buahnya memiliki aroma yang menenangkan.
Dari sisi nutrisinya, dua sendok makan bubuk ketumbar dapat mengandung :
·         30 kalori
·         1,8 gram lemak
·         1,2 gram protein
·         5,6 gram karbohidrat
·         4 gram serat.
Mengkonsumsi ketumbar dapat mendukung kebutuhan harian hingga 8% kalsium, 10% zat besi, 4% Vitamin C, dan 68% vitamin K.
Berbagai penelitian telah mengungkapkan manfaat ketumbar, meski beberapa anggapan masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Di bawah ini adalah beberapa klaim manfaat ketumbar yang layak disimak.
·        Ternyata ketumbar bermanfaat mencegah keracunan makanan.
·       Hasil penelitian mengungkapkan manfaat ketumbar untuk mencegah kanker. Rempah-rempah seperti ketumbar dapat menghambat pembentukan heterocyclic amine (HCA) pada daging yang dimasak. Ini penting karena konsumsi makanan yang mengandung HCA sering dihubungkan dengan meningkatnya risiko kanker. HCA adalah bahan kimia yang terbentuk saat daging dimasak pada suhu tinggi.
·        Manfaat ketumbar pada kesehatan, terutama kesehatan pencernaan, antara lain menangani sakit perut, konstipasi, cacingan, hilang napsu makan, mual, kejang usus, dan buang gas. Manfaatnya juga dikait-kaitkan dengan pencegahan penyakit hernia. Penelitian menemukan bahwa ketumbar dan daun kemangi mengandung keratenoid beta-karoten dalam kadar tinggi, selain mengandung beta-kryptoxanthin, zeaxanthin, dan lutein yang turut berperan sebagai zat antioksidan. Konsumsi makanan mengandung keratenoid ini berperan menurunkan risiko terserang penyakit mata dan beberapa jenis kanker.
·        Ketumbar juga bermanfaat untuk menangani sakit gigi, nyeri otot, ambeien, campak, infeksi jamur dan bakteri, juga melancarkan ASI pada ibu menyusui.
Disamping itu, ketumbar disebut-sebut dapat membunuh parasit, mengatasi, konstipasi, dan sindrom iritasi usus, meski dugaan-dugaan ini perlu diteliti lebih lanjut. Pada sisi yang perlu dikhawatirkan pada orang-orang tertentu, ketumbar dapat berisiko menyebabkan alergi dan meningkatkan sensitivitas terhadap cahaya matahari sehingga meningkatkan risiko kanker kulit dan kulit terbakar. Pada dugaan tertentu lainnya, ketumbar sendiri dapat menyebabkan peradangan dan iritasi kulit juga.
Awasi konsumsi ketumbar dan gula darah bila Anda mengonsumsi obat diabetes dan hentikan konsumsi ketumbar setidaknya 2 minggu sebelum operasi. Kedua hal ini penting dilakukan karena ketumbar dipercaya dapat menurunkan kadar gula dalam darah.
Perhatikan juga bahwa bahan ini dapat menurunkan kadar gula dalam darah sehingga pengidap tekanan darah rendah dan orang-orang yang sedang menjalani pengobatan dengan obat penurun tekanan darah perlu hati-hati.
Pada umumnya, ketumbar cukup aman dikonsumsi dalam kadar secukupnya. Namun meski dari bahan alami, konsumsi ketumbar yang diolah menjadi produk herbal tetap perlu mematuhi takaran pada label. Kondisi lain yang perlu diwaspadai adalah bagi konsumen yang sedang hamil dan menyusui karena efek-efeknya belum diketahui. Sebagai langkah pengaman, sebaiknya hindari konsumsi ketumbar berlebihan untuk sementara waktu.
Nah itulah manfaat dari ketumbar bagi kesehatan, disisi itu anda bisa dengan rutin mengonsumsi Gamat Emas Kapsul yang memiliki guna dan khasiat sebagai pencegahan berbagai penyakit sampai menyembuhkan berbagai penyakit.

Untuk Informasi Lebih Lanjut KLIK DISINI

Terimakasih telah menyimak artikel mengenai Manfaat Ketumbar Bagi Kesehatan Tubuh, semoga bermanfaat dan menjadi jalan kesembuhan bagi anda.
Posted by :
Distributor Obat Herbal

No comments:

Post a Comment